BAB 1 : KONSEP MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS HALAMAN WEB DAN MEDIA INTERAKTIF
BAB
I: KONSEP MULTIMEDIA
INTERAKTIF
BERBASIS HALAMAN WEB
DAN
MEDIA INTERAKTIF
A. Definisi Multimedia Iteraktif
Multimedia
adalah kombinasi dari teks, foto, seni grafis, suara, animasi, dan elemen
elemen video yang dimanipulasi secara digital.
Dari
pengertian diatas dapat di definisikan bahwa multimedia interaktif adalah
pengabungan antara teks, foto, seni
grafis, suara, animasi, dan video serta memungkinkan pengguna untuk
berinteraksi dan berkomunikasi dengan produk multimedia.
Bagian
input, proses dan output dari produk multimedia interaktif tersebut adalah
bagian yang perlu di pahami sebelum menjalakan nya.
Proyek
multimedia merupakan peranti perangkat lunak yang bersifat informasi,
pengetahuan, dan hasil yang di tampilkan di layar computer. Sedangkan proyek
dapat di edarkan atau dijual kepada konsumen dan pengunaan akhir biasanya
berbentuk CD atau melalaui internet.
Multimedia
interaktif dalam bisnis, aplikasi yang menerapkan multimedia interaktif adalah
presentasi, demo produk, database, katalog dan pemasaran. Dalam bidang sekolah
antara lain presentasi, simulasi pembelajaran, CD pembelajaran, pembelajaran interaktif.
Dll.
B. Konsep dasar Multimedia Interaktif
Produk
multimedia bedasarkan karaktersitiknya terbagi menjadi 2 kategori yaitu
multimedia linier dan multimedia non linier. Multimedia linier meruoakan produk
multimedia yang dimulai dari awal menuju akhir dengan sedikit atau tanpa interaksi
dengan pengguna contoh: televise, filem ,majalah, koran. Sedangkan multimedia
non linier adanya kontrol dengan pengguna.
Dari
definisi diatas maka kunci utama dari multimedia interaktif adanya pengguna
yang bisa berinteraksi dan berkomunikasi dengan system secara baik. Yang mengabungkan
antara komponen komponen multimedia dengan Bahasa pemrograman srhingga hasil yang
didapat, dapat berinteraksi dengan pengguna. Multimedia dibagi menjadi komponen
komponen multimedia yang perlu di ketahui adalah teks, foto, seni grafis,
video, suara, dan animasi.
Level
interaktifitas Dalam pembelajaran berbasis computer:
1. Umpan
balik, merupakan tingkat interaktif yang paling rendah
2. Manipulasi,
meliputi perubhan secara real time atau trasformasi informasi sebagai tangapan
atas tindakan pengguna.
3. Adaptasi
meliputi tanggapan yang disesuaikan dengan kebiasaan pengguna sebelumya.
4. Komunikasi,
diwujukan dengan lingkungan pembelajaran online dinamis yang fleksibel.
Model
multimedia interaktif
1. Model
tutorial
2. Model
drill and practice merupakan model yang tidak memuat materi tetapi langsung
praktik sesuai dengan materi yang diperoleh.
3. Model
simulasi merupakan model yang di sesuaikan dengan kenyataan yang sebenarnya
dihadapi oleh pengguna dengan tujuan untuk memperoleh pengertian global tentang
proses.
4. Model
instructional games merupakan model yang berisi tentang tata cara menjalakan
prosedur, menjlankan proyek media interakrif.
5. Model
hybrid merupakan gabungan dari 2 atau lebih model multimedia interaktif.
6. Model
socratic merupakan model yang berisi percakapan atau dialog antara pengguna
dengan computer dalam natural language.
7. Model
inquiry merupakan suatu system sebggai pangkalan data dan dapat dikonsultasikan
dengan pengguna.
8. Model
informational menyajikan informasi daklam bentuk data daftar atau tabel.
C. Website multimedia interaktif
Konsep
adalah suatu yang dipahami atau abstrasi suatu ide atau gambaran mental. Multimedia
interaktif berbasis halam web adalah memahami pemafaatan computer untuk membuat
dan mengabukan teks, gambar, suara, video, dan animasi dengan mengabukan
perangkat perangkat tertentu yang dapat memungkikan pengguna melalukan navigasi, berinteraksi dan komunikasi baik
berbasis halaman web maupun media interaktif.
Multimedia
berbasis web mengandung lebih dari satu jenis media biasanya suara, video,
atau, animasi. Di samping teks dan gambar.
Keuntungan
dan kerugian menggunakan web berbasis multimedia.
Keuntungan.
·
Dapat mengatasi berbagai gaya belajara
·
Belajar dengan system visual
·
Belajar secara auditori
·
Kinestetik perserta didik
·
Bahan lebih menarik dan menyenangkan
·
Banyak ide ide lebih mudah untuk
menyampaikan .
Kekurangan
·
Waktu dan biaya pengembangan
·
Kompatibilitas dan waktu download untuk
multimedia berbasis web.
Sebenarnya
word wide web pada awal diluncurkan pada tahun 1989 yang didesain bukan untuk
multimedia tetapi untuk pengiriman dokumen berformat HTML dengan menambahkan
gambar dan ilutasi garis
Aplikasi
multimedia interaktif berbasis HTML 5 memiliki kelebihan yang luar biasa antara
lain
1. Lebih
mudah dikembangkan
2. Mudah
di update
3. Aksesr
informasi lebih mudah
4. Lebih
murah dan lebih powerful
5. Happy
platform
6. Bisa
digunakan secara offline
BAB
I: KONSEP MULTIMEDIA
INTERAKTIF
BERBASIS HALAMAN WEB
DAN
MEDIA INTERAKTIF
A. Definisi Multimedia Iteraktif
Multimedia
adalah kombinasi dari teks, foto, seni grafis, suara, animasi, dan elemen
elemen video yang dimanipulasi secara digital.
Dari
pengertian diatas dapat di definisikan bahwa multimedia interaktif adalah
pengabungan antara teks, foto, seni
grafis, suara, animasi, dan video serta memungkinkan pengguna untuk
berinteraksi dan berkomunikasi dengan produk multimedia.
Bagian
input, proses dan output dari produk multimedia interaktif tersebut adalah
bagian yang perlu di pahami sebelum menjalakan nya.
Proyek
multimedia merupakan peranti perangkat lunak yang bersifat informasi,
pengetahuan, dan hasil yang di tampilkan di layar computer. Sedangkan proyek
dapat di edarkan atau dijual kepada konsumen dan pengunaan akhir biasanya
berbentuk CD atau melalaui internet.
Multimedia
interaktif dalam bisnis, aplikasi yang menerapkan multimedia interaktif adalah
presentasi, demo produk, database, katalog dan pemasaran. Dalam bidang sekolah
antara lain presentasi, simulasi pembelajaran, CD pembelajaran, pembelajaran interaktif.
Dll.
B. Konsep dasar Multimedia Interaktif
Produk
multimedia bedasarkan karaktersitiknya terbagi menjadi 2 kategori yaitu
multimedia linier dan multimedia non linier. Multimedia linier meruoakan produk
multimedia yang dimulai dari awal menuju akhir dengan sedikit atau tanpa interaksi
dengan pengguna contoh: televise, filem ,majalah, koran. Sedangkan multimedia
non linier adanya kontrol dengan pengguna.
Dari
definisi diatas maka kunci utama dari multimedia interaktif adanya pengguna
yang bisa berinteraksi dan berkomunikasi dengan system secara baik. Yang mengabungkan
antara komponen komponen multimedia dengan Bahasa pemrograman srhingga hasil yang
didapat, dapat berinteraksi dengan pengguna. Multimedia dibagi menjadi komponen
komponen multimedia yang perlu di ketahui adalah teks, foto, seni grafis,
video, suara, dan animasi.
Level
interaktifitas Dalam pembelajaran berbasis computer:
1. Umpan
balik, merupakan tingkat interaktif yang paling rendah
2. Manipulasi,
meliputi perubhan secara real time atau trasformasi informasi sebagai tangapan
atas tindakan pengguna.
3. Adaptasi
meliputi tanggapan yang disesuaikan dengan kebiasaan pengguna sebelumya.
4. Komunikasi,
diwujukan dengan lingkungan pembelajaran online dinamis yang fleksibel.
Model
multimedia interaktif
1. Model
tutorial
2. Model
drill and practice merupakan model yang tidak memuat materi tetapi langsung
praktik sesuai dengan materi yang diperoleh.
3. Model
simulasi merupakan model yang di sesuaikan dengan kenyataan yang sebenarnya
dihadapi oleh pengguna dengan tujuan untuk memperoleh pengertian global tentang
proses.
4. Model
instructional games merupakan model yang berisi tentang tata cara menjalakan
prosedur, menjlankan proyek media interakrif.
5. Model
hybrid merupakan gabungan dari 2 atau lebih model multimedia interaktif.
6. Model
socratic merupakan model yang berisi percakapan atau dialog antara pengguna
dengan computer dalam natural language.
7. Model
inquiry merupakan suatu system sebggai pangkalan data dan dapat dikonsultasikan
dengan pengguna.
8. Model
informational menyajikan informasi daklam bentuk data daftar atau tabel.
C. Website multimedia interaktif
Konsep
adalah suatu yang dipahami atau abstrasi suatu ide atau gambaran mental. Multimedia
interaktif berbasis halam web adalah memahami pemafaatan computer untuk membuat
dan mengabukan teks, gambar, suara, video, dan animasi dengan mengabukan
perangkat perangkat tertentu yang dapat memungkikan pengguna melalukan navigasi, berinteraksi dan komunikasi baik
berbasis halaman web maupun media interaktif.
Multimedia
berbasis web mengandung lebih dari satu jenis media biasanya suara, video,
atau, animasi. Di samping teks dan gambar.
Keuntungan
dan kerugian menggunakan web berbasis multimedia.
Keuntungan.
·
Dapat mengatasi berbagai gaya belajara
·
Belajar dengan system visual
·
Belajar secara auditori
·
Kinestetik perserta didik
·
Bahan lebih menarik dan menyenangkan
·
Banyak ide ide lebih mudah untuk
menyampaikan .
Kekurangan
·
Waktu dan biaya pengembangan
·
Kompatibilitas dan waktu download untuk
multimedia berbasis web.
Sebenarnya
word wide web pada awal diluncurkan pada tahun 1989 yang didesain bukan untuk
multimedia tetapi untuk pengiriman dokumen berformat HTML dengan menambahkan
gambar dan ilutasi garis
Aplikasi
multimedia interaktif berbasis HTML 5 memiliki kelebihan yang luar biasa antara
lain
1. Lebih
mudah dikembangkan
2. Mudah
di update
3. Aksesr
informasi lebih mudah
4. Lebih
murah dan lebih powerful
5. Happy
platform
6. Bisa
digunakan secara offline
Makasih telah menyaman kan saya mencari informasi yang sangat penting bagi saya
BalasHapus